Rabu, 28 Juli 2010

0

Sedikit informasi tentang penyakit ISPA

  • Rabu, 28 Juli 2010
  • avatarx
  • Share
  • ISPA merupakan singkatan dari Inpeksi Saluran Pernapasan Akut yaitu suatu jenis penyakit infeksi akut yang menyerang organ saluran pernapasan. ISPA sering disalahartikan sebagai inpeksi saluran pernapasan atas padahal pada kenyataannya ISPA juga menyerang saluran pernapasan bawah. Organ pernapasan yang bisa terserang ISPA adalah hidung, sinus, faring dan laring.

    ISPA banyak diderita oleh anak- anak, baik dinegara berkembang maupun dinegara maju dan sudah mampu. Penyakit-penyakit saluran pernapasan pada masa bayi dan anak-anak dapat pula memberi kecacatan sampai pada masa dewasa.

    ISPA dapat ditularkan melalui air ludah, darah, bersin, udara pernapasan yang mengandung kuman yang terhirup oleh orang sehat kesaluran pernapasannya.

    Gejala

    Yang termasuk gejala dari ISPA adalah badan pegal pegal (myalgia), beringus (rhinorrhea), batuk, sakit kepala, sakit pada tengorokan.

    Penyebab terjadinya ISPA adalah virus, bakteri dan jamur. Kebanyakan adalah virus. Diagnosis yang termasuk dalam keadaan ini adalah, rhinitis, sinusitis, faringitis, tosilitis dan laryngitis.

    Pada cuaca yang ekstrem seperti sekarang penyakit ISPA patus diwaspadai. Walaupun belum ada data yang lengkap, ISPA merupakan penyakit yang selalu mendominasi setiap tahunnya.

    Upaya Pencegahan dan Pengobatan

    Upaya pencegahan ISPA relatif gampang-gampang susah. Menjaga kebersihan adalah cara terbaik dengan senantiasa memperhatikan sanitasi lingkungan sekitar tempat tinggal. Selain itu upaya pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga keadaan gizi agar tetap baik, imunisasi pada anak dan mencegah berhubungan dengan penderita ISPA.

    Kebanyakan ISPA disebabkan oleh virus yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pemberian obat. Namun untuk mempercepat penyembuhan biasanya pemberian antibiotik adalah solusinya selain untuk mencegah infeksi lanjutan dari bakteri.

    Namun jika tingkat ISPA sudah cukup parah biasanya timbul dahak dan ingus yg sudah menjadi hijau. Pada tahap ini pemberian antibiotik merupakan keharusan karena dengan gejala tersebut membuktikan sudah ada bakteri yg terlibat.

    Semoga bermanfaat...!

    0 Responses to “Sedikit informasi tentang penyakit ISPA”

    Posting Komentar

    Subscribe